Tips Puasa di Luar Negeri

0
179
Kedai Kebab Di Jepang

HALALCORNER.ID-Jakarta. Bagi yang sedang berlibur atau melanjutkan studi di luar negeri tentunya mempunyai tantangan tersendiri, mulai dari cuaca yang ekstrim panas atau dingin, durasi waktu puasa yang yang panjang. Tantangan lainnya adalah ketersediaan makanan halal. Untuk bisa berpuasa dengan aman kami akan berbagi beberapa tips sebagai berikut:

  1. Cek Jadwal Puasa 

Rata-rata durasi waktu berpuasa muslim di Indonesia adalah 13 jam, nah kalau sahabat  sedang berada di luar negeri, maka perlu tahu lama waktu berpuasa di negara yang sedang dikunjungi, agar kita bisa menentukan waktu berbuka dan waktu sahur. Inilah daftar durasi puasa di beberapa negara dilansir Gulfnews: Sydney, Australia: 11 jam 35 menit, Jakarta, Indonesia: 13 jam 10 menit, Kuala Lumpur, Malaysia: 13 jam 40 menit, Hamilton, Kanada: 14 jam 45 menit, Roma, Italia: 16 jam 58 menit, Paris, Perancis: 17 jam 11 menit, Astana, Kazakhstan: 18 jam 32 menit, London, UK: 18 jam 34 menit, Amsterdam, Belanda: 18 jam 39 menit, Dublin, Irlandia: 19 jam 48 menit, Berlin, Jerman: 18 jam 51 menit, Moskow, Rusia: 19 jam 7 menit, Stockholm, Swedia: 19 jam 7 menit, Helsinki, Finlandia: 19 jam 56 menit, Reykjavik, Islandia: 21 jam. 

2. Cari Komunitas Muslim

Kalau kita akan tinggal lama di negara lain dalam rangka bekerja atau studi, baiknya mulai mencari komunitas muslim setempat yang terdekat dengan tempat kita bermukim. Selain bisa mendapatkan info puasa juga info lainnya yang menunjang ibadah kita. 

3. Sediakan Suplemen Tubuh

Ketahanan tubuh manusia berbeda-beda, untuk menambah daya tahan tubuh selama berpuasa di luar negeri baiknya sediakan juga suplemen tubuh yang biasa dikonsumsi. Jangan lupa, pastikan suplemen tubuh yang halal dan thoyyib. Suplemen terbaik selain madu, kurma, habattusauda, konsumsi juga buah dan sayur.

4. Menjaga Konsumsi Makanan Halal

Nah ini yang paling penting, selalu mencari makanan yang halal. Di beberapa negara sudah tersedia kedai makanan halal jadi bisa mencari info melalui internet atau bagi yang hendak bermukim lama bisa mendapatkan info dari komunitas muslim atau lembaga halal setempat. http://www.halalcorner.id/tips-mencari-makanan-halal-di-luar-negeri/

redaksi: HC/AM

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten − one =