Pelabuhan Halal akan Dibangun di Ambon

0
216

halalcorner.id, Surabaya – Indonesia merupakan negara  populasi muslim terbesar di dunia, sehingga hadirnya produk halal menjadi prioritas utama. Dalam proses mendapatkan produk halal, proses distribusi termasuk didalamnya pengiriman produk halal dari luar negeri adalah hal yang urgen.

PT Pelabuhan Indonesia IV (Pelindo IV) saat ini  sedang menjajaki kerja sama dengan  sebuah perusahaan ritel asal Uni Emirat Arab, Lulu Group International Llc. Kerjasama yang akan dilakukan adalah dalam upaya pengembangan pelabuhan halal (halal port) dan kawasan industri di Ambon.

Menurut Iwan Sjarifuddin, Corporate Secretary Pelindo IV, ekspansi pelabuhan halal menjadi bagian dari rencana pengembangan Pelabuhan Ambon. Pelindo IV juga akan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat untuk mengembangkan lahan seluas 500 hektar menjadi kawasan industri berbasis halal.

Iwan menjelaskan bahwa konsep yang diusung adalah  menjadikan halal port sebagai pusat pengiriman produk-produk ke Middle East (Timur Tengah). Dan ini memerlukan investasi yang cukup besar sehingga akan  ditawarkan ke investor. Pelabuhan dan kawasan industri produk halal di Ambon ini bakal menyerap bahan baku dari wilayah Indonesia Timur hingga Australia.

Lulu Group  berkomitmen untuk mengucurkan investasinya di Indonesia hingga hingga USD 500 juta dalam tiga tahun ke depan dan membuka sepuluh gerai dengan nilai investasi sebesar USD 300 juta.

Sebelumnya, Malaysia juga telah mengembangkan pelabuhan halal untuk mengelola produk dari China dan Thailand kemudian dikemas ulang dan dikirim ke negara- negara tujuan.

Sumber: Muslim Go Online

Redaksi: HC/EDR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 + 7 =