Miris! Ini Dia Kendala Industri Peternakan di Indonesia

0
431

HALALCORNER.ID, JAKARTA – Seringnya kita melihat penjual hewan qurban akhir-akhir ini, ternyata bukanlah indikator bahwa peternak di Indonesia merupakan pemasok utama daging untuk konsumsi keseharian di negeri sendiri. Seperti yang kita ketahui, Indonesia masih melakukan impor daging sapi, baik dari Australia, India, hingga dari Brasil.

Berdasarkan hasil wawancara bersama drh. Supratikno, MSi PAVet, Dosen Fakultas Kedokteran Hewan IPB, beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan Indonesia sebagai pemasok daging antara lain:

  1. Skala peternakan di Indonesia belum dilakukan secara komersial, masih dilakukan secara tradisional sehingga kurang menguntungkan.
  2. Adanya keterbatasan lahan untuk peternakan dan keterbatasan sumber pakan, bahkan sebagian sumber pakan pun masih impor.
  3. Masih banyak dilakukannya pemotongan betina produktif. Padahal apabila induknya dipotong, tentunya akan semakin sulit menjaga kesinambungan populasi sapi.
  4. Tidak akuratnya data populasi sapi di Indonesia, salah satunya adalah tidak adanya sistem pencatatan sapi, sehingga kebijakan yang di ambil pemerintah sering tidak tepat sasaran.

Semoga dengan mengetahui kendala-kendala tersebut, dapat menambah wawasan dan memacu minat usaha halal di industri peternakan yang masih banyak peluang untuk digarap.

Fan page                : HALAL CORNER
FB Group               : http://bit.ly/1SL4wQB
Website                 : www.halalcorner.id
Twitter                   : @halalcorner
Instagram              : @halalcorner

Redaksi: HC/She

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 1 =