Mira Achiruddin, Penggiat Wisata Halal Mesjid Bersejarah

0
429

HALALCORNER.ID – Dewasa ini, wisata Halal berkembang dengan cepat, baik di negara dengan minoritas penduduk Muslim maupun di negara yang mayoritas berpenduduk Muslim seperti Indonesia. Ciri khas wisata Muslim adalah mengunjungi destinasi wisata yang baik dan juga menarik, menu makanan yang halal, serta menjaga shalat.

Terkait menjaga shalat, wisata Halal tentunya juga mengharuskan fasilitas ibadah berupa mesjid. Baik di Indonesia maupun di luar negeri tentu ada beberapa mesjid bersejarah yang ikonik dan dan juga bisa menjadi destinasi wisata yang tak kalah menarik.

Kali ini Halal Corner akan membahas salah seorang pegiat wisata Halal, Mira Achiruddin yang mengaku senang menyambangi masjid tua dan bersejarah sejak tahun 2016.

“Mengapa saya suka mengunjungi masjid tua dan bersejarah, karena saya merasakan kedamaian ketika mengunjungi masjid-masjid tersebut. Sekaligus tempat berkontemplasi diri. Di samping itu, saya  dapat melakukan napak tilas dan lebih menghargai perjuangan para pendahulu yang telah giat menyebarkan agama Islam, khususnya di Tanah Air tercinta” kata Mira yang juga merupakan penyair sufi ini.

Dalam dua tahun terakhir, Mira telah mengunjungi sejumlah masjid tua dan bersejarah di Tanah Air. Sebut saja, Masjid Agung di Sumatera Selatan; Masjid Agung Sang Cipta Rasa di kota Cirebon, Jawa Barat; Masjid Agung Banten Lama di Banten, Provinsi Banten; Masjid Katangka di Sulawesi Selatan; dan Masjid Jami Al-Anwar di Bandar Lampung.

Mira juga pernah mengunjungi sejumlah masjid tua dan bersejarah yang berada di luar negeri. Misalnya, Masjid Camii di Tokyo, Jepang; Masjid Sultan dan Masjid Al-Falah di Singapura; Masjid Jame’ Asr Hassanil Bolkiah di Brunai Darussalam;  serta Masjid Selat Melaka di Negeri Melaka, Malaysia.

Mira beropini bahwa wisata Muslim dalam negeri juga perlu memasukkan kunjungan ke masjid tua dan bersejarah sebagai bagian dari agenda perjalanan mereka.

Nah, bagaimana dengan HCers? Apakah kalian  juga tertarik untuk melakukan wisata Halal Mesjid bersejarah seperti Mira Achiruddin? Selain bisa menikmati beribadah, kita juga bisa mengetahui sejarah dibalik bangunan tersebut. Hal ini pastinya tidak rugi untuk dicoba saat kalian melakukan wisata Halal.

Fan page              :              HALAL CORNER
FB Group             :              http://bit.ly/1SL4wQB
Twitter                 :              @halalcorner
Instagram            :              @halalcorner
Website               :              www.halalcorner.id

Sumber : republika.co.id
Foto      : Dok Mira Achiruddin via republika.co.id
Redaksi : HC/Zulaeha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 − 2 =