Mewaspadai Kehalalan Produk Kolagen

0
441

HALALCORNER.ID, JAKARTA – Kita sering mendengar istilah kolagen, terutama untuk produk-produk kosmetika (skincare). Apa itu Kolagen? Kolagen adalah sejenis protein yang terdiri dari asam amino, yang terbentuk dari karbon, oksigen dan hidrogen. Kolagen mengandung asam amino tertentu seperti Glycine, Proline, hydroxyproline dan Arginine.

Fungsi Kolagen menghubungkan atau mendukung jaringan tubuh manusia seperti kulit, tulang, tendon, otot, tulang rawan, bahkan pada rambut dan kuku. Sekitar 33% protein dalam tubuh manusia terdiri dari kolagen, dan sekitar 75% kulit kita terbentuk dari kolagen. Selain itu kolagen juga berfungsi untuk membuat kulit lebih kencang, kenyal dan lembut. Seiring bertambahnya usia manusia maka fungsi kolagen juga menurun.
Dalam industri kolagen biasanya ada pada produk suplemen dan kecantikan atau kosmetika. Dalam bentuk serbuk minuman, serum, handbody dan lain-lain.

Sumber Kolagen

Kolagen bisa didapatkan dari bahan nabati dan hewani. Untuk sumber yang berasal dari hewani, biasanya diambil dari tulang rawan babi atau sapi. Untuk babi jelas status hukumnya haram dan najis, sedang untuk sumber yang berasal dari sapi harus dilihat status kehalalan sembelihannya.

Semoga bermanfaat.

Fan page                : HALAL CORNER
FB Group               : http://bit.ly/1SL4wQB
Website                 : www.halalcorner.id
Twitter                   : @halalcorner
Instagram              : @halalcorner

Redaksi : HC/AM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four + eleven =