Mengupas Berbagai Keutamaan Ramadan Bagi Umat Muslim

0
738

HALALCORNER, JAKARTA – Bagi banyak muslim dewasa, menjalani ibadah di bulan Ramadan bukan lagi kewajiban yang sulit karena sudah dilakukan bertahun-tahun dengan sukacita. Bahkan pemerintah daerah sangat mendukung dan selalu membuat perda untuk menghormati muslim yang sedang berpuasa.

Sesuai dengan keutamaan bulan Ramadan, maka kali ini yang diulas adalah tentang keutamaan berpuasa itu sendiri. Berikut penelusuran tim Halal Corner:

  1. Orang yang berpuasa akan mendapat Syafa’at.

Sesuai dengan hadist sebagai berikut:

Puasa dan Al-Qur’an itu akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat nanti. Puasa akan berkata: ’Wahai Tuhanku, saya telah menahannya dari makan dan nafsu syahwat, karenanya perkenankan aku untuk memberikan syafa’at kepadanya’. Dan Al-Qur’an pula berkata: ’Saya telah melarangnya dari tidur pada malam hari, karenanya perkenankan aku untuk memberi syafa’at kepadanya.’ Beliau bersabda: ‘Maka syafa’at keduanya diperkenankan.’”

(HR. Ahmad, Hakim, Thabrani, periwayatnya shahih sebagaimana dikatakan oleh Al Haytsami dalam Mujma’ul Zawaid).

  1. Orang yang berpuasa akan diampuni dosa-dosanya di masa lampau.

Sesuai dengan hadist Rasulullah berikut:

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Sangat beruntung bukan, mendapatkan kesempatan untuk diampuni dosa-dosa di masa lampau. Tentu saja keistimewaan ini sulit di dapat dibulan-bulan lainnya.

  1. Orang yang Berpuasa Ramadan akan memasuki surga melalui pintu Ar-Royyan.

Sesuai dengan bunyi hadist sebagai berikut:

“Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang bernama  Ar-Royyaan. Pada hari kiamat orang-orang yang berpuasa akan masuk surga melalui pintu tersebut dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Dikatakan kepada mereka: ’Di mana orang-orang yang berpuasa?’ Maka orang-orang yang berpuasa pun berdiri dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Jika mereka sudah masuk, pintu tersebut ditutup dan tidak ada lagi seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut”. (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Orang yang berpuasa akan memiliki bau mulut yang lebih wangi daripada Kasturi di hadapan Allah.

Rasulullah pernah bersabda:

Allah berfirman: ’Setiap amal anak Adam adalah untuknya, kecuali puasa. Puasa tersebut adalah untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya. Puasa adalah perisai. Apabila salah seorang dari kalian berpuasa maka janganlah berkata kotor, jangan pula berteriak-teriak. Jika ada seseorang yang mencaci dan mengajak berkelahi maka katakanlah: ’Saya sedang berpuasa’. Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat daripada bau misk/kasturi. Dan bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, ketika berbuka mereka bergembira dengan bukanya dan ketika bertemu Allah mereka bergembira karena puasanya. “ (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Orang yang berpuasa akan mendapatkan perlindungan dari Api Neraka.

Hadiah besar yang akan didapatkan juga oleh umat muslim yang berpuasa Ramadan adalah mendapatkan perisai/pelindung agar tidak terkena panas api neraka.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّمَا الصِّيَامُ جُنَّةٌ يَسْتَجِنُّ بِهَا الْعَبْدُ مِنَ النَّارِ

“Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari api neraka.” (HR. Ahmad dan Baihaqi, dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jami’).

  1. Orang yang berpuasa Ramadan, doanya Mustajab.

Tentu saja sambil berpuasa kita mendapatkan waktu terbaik untuk memohon apa saja kepada Allah karena bulan ini menjadi bulan penuh berkah bagi semua umat muslim yang beribadah dengan dikabulkannya do’a-do’a.

“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.” (HR. Al Bazaar sebagaimana dalam Mujma’ul Zawaid dan Al Haytsami mengatakan periwayatnya tsiqoh/terpercaya. Lihat Jami’ul Ahadits, Imam Suyuthi).

Nah, itulah beberapa keutamaan berpuasa bagi umat muslim di bulan Ramadan. Semoga kita semua yang sedang menjalankannya dikaruniai kesehatan dan kemampuan untuk menyelesaikan kewajiban berpuasa selama bulan Ramadan, juga selalu dilindungi Allah dari segala yang diharamkan dan berakhir dengan indah pada hari raya Idul Fitri bulan berikutnya. Aamiin.

Semoga bermanfaat.

Fan page                :  HALAL CORNER
FB Group                :  http://bit.ly/1SL4wQB
Website                 :  www.halalcorner.id
Twitter                   :  @halalcorner
Instagram              :  @halalcorner

Referensi : diolah dari berbagai sumber
Redaksi : HC/Ruli Retno
Editor    : HC/Zulaeha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 + five =