Ini Dia Titik Kritis Kehalalan Ramen yang Harus Kamu Ketahui

0
3941

HALALCORNER.ID, JAKARTA – Sajian ramen dewasa ini semakin populer. Ada banyak gerai yang menyediakan kuliner makanan khas dari negeri Sakura ini. Bentuk Ramen seperti mie, namun dengan bentuk yang lebih besar dan disertai kuah kental serta toping seperti rumput laut (nori) ternyata bisa diterima oleh lidah orang Indonesia dengan baik.

Kali ini tim Halal Corner akan mengupas beberapa hal seputar titik kritis kehalalan ramen yang perlu HCers ketahui, terlebih jika senang dengan kuliner satu ini.

Langsung saja ke poin pertama:

1.Kuah

Kuah ramen ada yang bening, namun ada pula yang mengandung santan. Berdasarkan beberapa sumber, kuah ramen sendiri secara garis besar terbagi ke dalam 4 kategori, yakni:
Shio (garam)
Tonkostsu (tulang babi)
Shoyu (Soy sauce)
Miso (bumbu fermentasi kacang kedelai)

Nah, di poin pertama ini kita juga harus tahu bahwa kuah ramen seringkali tidak luput dari penggunaan mirin atau sake (arak masak) dan lard (lemak babi). Sehingga sebagai muslim, sebelum mengkonsumsi kita harus memastikan ramen yang akan kita santap kuahnya terbebas dari unsur yang haram.

2. Daging

Kedua penggunaan daging sebagai topping atau disebut chasiu. Dalam hal ini kita harus yakin tentang status kehalalan daging pada ramen, apakah daging yang digunakan bersumber dari yang halal atau tidak.

3. Telur

Telur rebus, kok telur juga harus dikritisi? Telur kan halal?

Nah, sebenarnya bukan status telurnya yang berstatus haram. Namun warna telur yang lebih gelap setelah dimasak dicampur dengan Soy Sauce inilah yang mesti diwaspadai karena bisa jadi telur menjadi mengandung khamr.

Itu dia beberapa hal tentang titik kritis kehalalan ramen yang perlu kalian ketahui. Jangan lupa untuk selalu memastikan konsumsi ramen yang halal ya!

Semoga bermanfaat

Fan page                : HALAL CORNER
FB Group               : http://bit.ly/1SL4wQB
Website                 : www.halalcorner.id
Twitter                   : @halalcorner
Instagram              : @halalcorner

Redaksi : HC/Aisha
Editor: HC/Zul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − 5 =